[CNN] FOTO: Kibas Selendang Sanggar Tari Tak Mati Ditelan Pandemi


Jakarta, CNN Indonesia -- Mengenakan pelindung muka dan masker, para penari di Sanggar Surya Kirana tetap bersemangat lenggak-lenggok tampil sebaik mungkin

Sebelumnya sanggar tari yang didirikan oleh S. Kardjono tersebut sempat menutup aktivitasnya karena mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Ketika virus corona datang dan PSBB diberlakukan, kegiatan latihan tari dilakukan secara daring, baik tatap muka melalui webinar atau saling mengirim video saat siswa latihan di rumah. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

 Saat kembali dibuka sanggar yang mempunyai 50 siswa aktif membagi latihannya menjadi 4 gelombang dengan membatasi jumlah siswa yang hadir saat latihan berlangsung. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

 Sama dengan pariwisata, sektor seni-budaya dan hiburan sendiri menjadi salah satu yang paling terdampak akibat pandemi corona. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Baik pengajar maupun siswa tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti mengenakan masker atau face shield, menjaga jarak, dan rutin cuci tangan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Sanggar Tari Surya Kirana adalah salah satu sanggar tari di Jakarta yang khusus mengembangkan minat siswanya di bidang tari tradisional khususnya tari klasik gaya Yogyakarta. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

 Pembatasan sosial membuat perkumpulan massal tidak diizinkan sehingga pertunjukan seni budaya pun tidak bisa digelar, bahkan hingga saat ini. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Para pengajarnya mempunyai visi dan misi untuk memperkenalkan dan melestarikan tari klasik gaya Yogyakarta kepada masyarakat luas di luar warga Yogyakarta. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

 Mematuhi protokoler kesehatan dan kembali menari adalah cara untuk mempertahankan eksistensi hingga akhirnya pandemi mereda dan pertunjukkan kembali digelar. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

 Sejumlah siswa tari yang tergabung dalam Sanggar Tari Surya Kirana sedang bersiap menampilkan gerakan tari klasik gaya Yogyakarta di Panggung Desa Seni Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (11/7). (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
 
Sumber: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200711150602-243-523538/foto-kibas-selendang-sanggar-tari-tak-mati-ditelan-pandemi/1
Penulis:  Bisma Septalisma, CNN Indonesia
Tanggal: Sabtu, 11/07/2020 17:52 WIB